Dr. Saifullah, S. Ag., M. Ag, 2006047203, ed. (2016) Pengembangan Kurikulum (Analisis Filosofis dan Implikasinya dalam KBK dan KTSP). FTK Ar-Raniry Press, Banda Aceh. ISBN 978-602-60401-5-2
Buku 1 Pengembangan Kurikulum-OKE PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pengembangan kurikulum merupakan bagian yang tak terelakkan dalam dunia pendidikan. Sebagai rangkaian cara untuk memahami filosofi sebagai landasan pengembangan kurikulum kita perlu memahami kajian mengenai filosofi itu sendiri dan penerapan filosofi dalam pengembangan kurikulum. Upaya berpikir dalam tataran paling umum dengan cara sistematik mengenai semua hal di alam semesta, atau mengenai semua realitas. Secara umum, kurikulum merupakan gambaran gagasan pendidikan yang diekspresikan dalam praktik. Saat ini definisi kurikulum makin berkembang, termasuk seluruh program pembelajaran yang terencana di sekolah atau institusi pendidikan. Pondasi kurikulum meliputi kemasan tata nilai (values) dan kepercayaan (beliefs) tentang apa yang harus diketahui mahasiswa dan bagaimana caranya mahasiswa dapat memperoleh dan/atau menguasai pengetahuan tadi. Di samping itu, kurikulum harus dikemas dalam bentuk yang mudah dikomunikasikan kepada pihak-pihak yang terkait dalam institusi pendidikan, harus terbuka untuk kritik, dan harus mudah untuk ditransformasikan dalam praktik. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kurikulum, Filosofis, KBK, KTSP |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Saifullah Idris |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 09:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 09:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1256 |