Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Min 20 Aceh Besar

Chalilati, 150209028 (2020) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Min 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Min 20 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Min 20 Aceh Besar)
Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Min 20 Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep siswa disebabkan oleh kekurangan pada kegiatan
pembelajaran, seperti ketidaktepatan dalam memilih pendekatan pembelajaran
yang sesuai dengan materi. Selain itu, guru cenderung mentransfer pengetahuan
yang dimiliki ke dalam pikiran siswa, bukan mengaitkan materi dengan konteks
dalam kehidupan sehari-hari siswa, sehingga berpengaruh terhadap pemahaman
konsep siswa pada pembelajaran matematika. Adapun penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pemahaman
konsep siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di
MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian dilaksanakan pada kelas IV-1 dengan jumlah 34 siswa. Teknik
pengumpulan data ini melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan
hasil test, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan rumus persentase
sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil
analisis data lembar observasi aktivitas guru pada siklus I (64,77%) termasuk
dalam kategori cukup dan pada siklus II kemampuan guru terus meningkat
menjadi (78,40%) yaitu dalam kategori baik, sedangkan pada siklus III terus
mengalami peningkatan sebesar (90,90%) yaitu dalam kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge > 001.1 Kehidupan Intelektual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Chalilati Chalilati
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:56
Last Modified: 08 Jul 2020 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12571

Actions (login required)

View Item
View Item