Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Jaringan Transmisi Tenaga Listrik Kelas

Tuffatul Atar, 150211045 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Jaringan Transmisi Tenaga Listrik Kelas. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Jaringan Transmisi Tenaga Listrik Kelas)
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Jaringan Transmisi Tenaga Listrik Kelas.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan di kelas XI Teknik Jaringan Tenaga Listrik (TJTL) di SMK Negeri 2 Banda Aceh menunjukkan model pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 2 Banda Aceh siswa lebih pasif dan model pembelajaran didominasi secara konvensional. Peneliti menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang menekankan siswa untuk lebih aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu pembelajaran yang lebih menekankan pada kegiatan kelompok, dimana siswa secara aktif melakukan diskusi, kerja sama, dan saling membantu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiments dengan desain penelitian One Group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dijalankan dengan dua kali simulasi pembelajaran. Hasil analisis data pada simulasi pertama menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar pretest 50,43% dan posttest 80,86%, dan hasil tes belajar pada simulasi kedua yaitu, pretest 46,08% dan posttest 82,17%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jaringan transmisi tenaga listrik di kelas XI Teknik Jaringan Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Tuffatul Atar Atar
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:56
Last Modified: 09 Jul 2020 04:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12610

Actions (login required)

View Item View Item
TOP