Peran Guru dalam Menumbuhkan Aspek Sikap Literasi Siswa di MTSS Keutapang Dua Aceh Besar

Putri Resma Rahmawati, 150206052 (2020) Peran Guru dalam Menumbuhkan Aspek Sikap Literasi Siswa di MTSS Keutapang Dua Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru dalam Menumbuhkan Aspek Sikap Literasi Siswa di MTSS Keutapang Dua Aceh Besar]
Preview
Text (Peran Guru dalam Menumbuhkan Aspek Sikap Literasi Siswa di MTSS Keutapang Dua Aceh Besar)
Peran Guru dalam Menumbuhkan Aspek Sikap Literasi Siswa di MTSS Keutapang Dua Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program literasi bagi siswa sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bagi siswa. Hal ini akan berdampak untuk perkembangan siswa dalam berbahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa Arab. Adapun permasalahan yang dihadapi di MTsS Keutapang Dua Aceh Besar yaitu peran guru dalam menumbuhkan aspek sikap literasi masih belum efektif dan maksimal serta minimnya minat membaca dan menulis siswa untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi berulangulang, teknik wawancara serta teknik dokumentasi untuk menggali hasil yang optimal dengan subjek penelitian yaitu kepala madrasah, 2 guru dan 4 siswa. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Hal-hal yang dilakukan guru dalam menumbuhkan aspek sikap literasi siswa di MTsS Keutapang Dua Aceh Besar terlihat pada peran guru dalam mendidik, membimbing, memotivasi, mengajar, serta mengevaluasi. Guru mengambil peran dengan menjadi model bagi siswa untuk menulis dan membaca dimanapun dan kapanpun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 800 Literature (Sastra)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Resma Rahmawati Resma
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:20
Last Modified: 20 Jul 2020 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item
View Item