Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 26 Aceh Besar

Elma Fitri Wahyuni, 150209072 (2020) Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 26 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Metode Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 26 Aceh Besar)
Penerapan Metode Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 26 Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan kunci penting dalam proses belajar, kurangnya kemampuan
membaca merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah agar adanya peningkatan kemampuanmembaca permulaan
siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah MIN 26 Aceh Besar melalui metode scramble.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara
bersiklus, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan
observasi. Tes digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan membaca
permulaan siswa dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa dalam
proses belajar serta aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui metode
scramble. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode
scrambledapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
Peningkatan nilai pada siklus ke I belum mencapai ketuntasan hanya mencapai
67,95% sedangkan pada siklus II hanya mencapai75,22% dan meningkat pada
siklus IIImencapai ketuntasan hingga83,63%. Berdasarkan hasil penelitian yang
diperoleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode scramble dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Darmiah, M.A 2. Silvia Sandi Wisuda Lubis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca permulaaan , metode scrambel
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Elma Fitri Wahyuni
Date Deposited: 16 Jul 2020 09:19
Last Modified: 16 Jul 2020 09:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item
View Item