Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 11 Banda Aceh

Neli Sova, 150204062 (2020) Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 11 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 11 Banda Aceh)
Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 11 Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 11 Banda Aceh, jadi peneliti berinisiatif untuk menggunakan peta konsep sebagai media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 11 Banda Aceh, (2) respon peserta didik terhadap penggunaan peta konsep. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Non-Equivalent Crontrol Group Design dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas XI IA-4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IA-3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan rumus uji-t yaitu thitung > tabel = 8,37 > 2,678. Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil nilai rata-rata post-test peserta didik kelas eksperimen yaitu 74,34 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 52, dimana nilai peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Respon peserta didik pada penggunaan peta konsep menunjukkan hasil yang positif dengan kriteria persentase tanggapan peserta didik yang setuju 96,3%. Hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Neli Sofa Neli
Date Deposited: 17 Jul 2020 02:33
Last Modified: 17 Jul 2020 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item
View Item