Pengaruh Religiusitas dan Latar Belakang Pendidikan terhadap Tingkah laku Prososial Remaja Aceh

Safrilsyah, 2020047001 and Jasmadi, 2012097601 (2019) Pengaruh Religiusitas dan Latar Belakang Pendidikan terhadap Tingkah laku Prososial Remaja Aceh. Project Report. AR-RANIRY PRESS, Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Religiusitas dan Latar Belakang Pendidikan terhadap Tingkah laku  Prososial Remaja Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Religiusitas dan Latar Belakang Pendidikan terhadap Tingkah laku Prososial Remaja Aceh)
HKI _safrilsyah-digabungkan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemerosotan akhlak pada remaja telah menyebabkan rendahnya tingkat tingkah
laku prososial yang mereka miliki. Hal tersebut jika dibiarkan akan menyebakan
problematika sosial di masyarakat. Para pakar bersepakat menyatakan bahwa
religiusitas dan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting bagi
terbentuknya tingkah laku prososial pada remaja. Kajian ini bertujuan untuk
menentukan pengaruh faktor religiusitas dan Latar Belakang pendidikan terhadap
tingkah laku prososial pelajar Aceh. Selanjutnya penelitian ini juga bertujuan untuk
melihat perbedaan tingkat tingkah laku prososial pada masing-masing tipe sekolah.
Sampel penelitian berjumlah 259 pelajar yang berusia 16-18 tahun (109 orang lakilaki dan 150 orang wanita (53,9%). Analisis regresi berganda dengan metode enter
telah digunakan untuk menentukan sumbangan signifikan variabel bebas terhadap
tingkah laku prososial pelajar. Dan uji anova dilakukan untuk melihat perbedaan
tingkah laku prososial pada keeampat tipe pendidikan yang ada di Aceh. Secara
umum hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa tingkat religiusitas dan
tingkah laku prososial responden adalah pada taraf sedang dengan nilai rata-rata
3,70 dan 3,38. Selanjutanya hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel
religiusitas dan tipe pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
tingkah laku prososial pada taraf p<0.05 yaitu R2 = .389; p<.000. Keadaan ini
menjelaskan bahwa religiusitas dan tipe pendidikan telah memberikan sumbangan
sebanyak 38.9% terhadap tingkah laku prososial pelajar, dengan nilai koefisien beta
religiusitas (β= .606, p<.000), dan tipe pendidikan (β= .117, p<.018). Sementara itu,
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada
tingkah tingkah laku prososial renaja di antara masing-masing kelompok
responden berdasarkan tipe sekolah. Dimana secara keseluruhan pelajar dari tipe
sekolah MA berasrama melakukan tingkah laku prososial pada tahap yang paling
tinggi (min= 3.44, s.d= .34), dan ini diikuti dengan pelajar dari tipe SMA tidak
berasrama (min= 3.38, s.d= .32), MA tak berasrama (min= 3.37, s.d= .30) dan SMA
berasrama (min= 3.35, s.d= .35).
Kata Kunci: Religiusitas, tingkah laku Prosoial, Pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: safrilsyah safrilsyah
Date Deposited: 16 Jul 2020 09:41
Last Modified: 16 Jul 2020 09:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12736

Actions (login required)

View Item
View Item