Implementasi Algoritma Naive Bayes dan Random Forest Dalam Memprediksi Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Muthmainna Qalbi, 150212023 (2019) Implementasi Algoritma Naive Bayes dan Random Forest Dalam Memprediksi Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Implementasi Algoritma Naive Bayes dan Random Forest Dalam Memprediksi Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Muthmainna Qalbi, 150212023, FTK, PTI, 081263202776.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Prestasi akademik di tentukan oleh dua faktor, yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri individu dalam hal ini mahasiswa dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri individu atau hal yang di pengaruhi oleh lingkungan. Ada banyak cara mencari suatu prestasi akademik, salah satunya menggunakan data mining yang bertujuan memprediksikan atau mengklasifikasikan data menggunakan algoritma klasifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui cara menerapkan algoritma Naive Bayes terhadap prestasi mahasiswa, dan 2) melihat keakuratan algoritma Naive Bayes terhadap prestasi mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah data sekunder yang berupa data mahasiswa yang di peroleh dari pusat teknologi informasi dan pangkalan data UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan algoritma naive bayes dan algoritma random forest. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini menunjukkan nilai korelasi tertinggi pada variabel IP awal sebesar r=0,783 dan variabel cuti memiliki tingkat korelasi sangat lemah sebesar r=0,054. Nilai keakuratan variabel algoritma naive bayes setelah di cleaning sebesar 78.0% dan variabel algoritma Random Forest sebesar 76,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Bustami, M.Sc Pembiming II : Basrul M.S
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muthmainna Qalbi
Date Deposited: 21 Jul 2020 03:09
Last Modified: 21 Jul 2020 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item View Item
TOP