Mekanisme Pelaporan Pemanfaatan Dana Desa Di Gampong Bili Kecamatan Geulumpang Tiga Kabupaten Pidie

Muhammad Rijal, 441307506 (2020) Mekanisme Pelaporan Pemanfaatan Dana Desa Di Gampong Bili Kecamatan Geulumpang Tiga Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UPT.Perpustakaan.

[thumbnail of Dana Desa, Sosial] Text (Dana Desa, Sosial)
Muhammad Rijal Fikri, 441307506, FDK, PMI, 085371949434.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Mekanisme Pelaporan Pemanfaatan Dana Desa Di Gampong Bili Kecamatan Geulumpang Tiga Kabupaten Pidie”.Dana desa yang dikucurkan oleh pusat menjadi sebuah peluang bagi desa dalam rangka melakukuan pembangunan desa secara berkelanjutan dan berdaya guna bagi masyarakat. Wujud nyata dari pembangunan menjadi persoalan yang selama ini terjadi sehingga tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Penelitiaan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Mekanisme Penggunaan Program Dana Desa Di Gampong Bili Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie dan untuk mengetahui perbedaan antara hasil yang diharapkan dengan hasil infrastruktur yang dibangun dari Program Dana Desa. Yang menjadi subjek penelitian adalah masyarakat Gampong Bili Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. wanwancara dilakukan kepada kechiek, sektretaris desa,tuha peut. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, Alokasi Dana Desa (ADD) Di Gampong Bili sudah cukup baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pembangunan yang dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan dengan musyawarah bersama. Pembangunan seperti MCK, Jalan desa, Saluran Pembuangan, Irigasi sawah. tempat wudhuk, rumah layak huni. Kedua Pembangunan yang dilakukan oleh tim pelaksana Alokasi Dana Desa(ADD) dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan dilakukan dengan pengawasan semua pihak termaksud masyarakat. Mengawasi bersama pembangunan infrasruktur menjadi sesuai seperti yang direncanakan di awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Rasyidah, M.Ag ; 2. Sakdiah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Mekanisme, Pelaporan dan Dana Desa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Rijal Fikri
Date Deposited: 21 Jul 2020 03:56
Last Modified: 21 Jul 2020 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item
View Item