Proses Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis HOTS

Fathia, 150205009 (2020) Proses Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis HOTS. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Proses Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis HOTS]
Preview
Text (Proses Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis HOTS)
Fathia Utami, 150205009, FTK, PMA, 082241879115.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang dituntut pada kurikulum 2013 adalah kemampuan berpikir kritis, namun kenyataannya masih ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, untuk mengatasi hal tersebut tugas utama guru adalah menjelaskan proses berpikir siswa untuk memperbaiki proses pengajaran. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses berpikir kritis siswa berasarkan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa dengan tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi yang diklasifikasikan berdasarkan gaya belajar. Subjek yang dipilih sebanyak 6 siswa terdiri dari siswa kelas IX E MTsN 3 Aceh Barat dan siswa kelas IX 1 MTsN 4 Banda Aceh. Hasil penelitian ini adalah (1) subjek dengan gaya visual melakukan proses berpikir kritis secara asimilasi pada tahap interpretasi, evaluasi, dan inferensi, serta akomodasi, asimilasi dan abstaksi pada tahap analisis (2) subjek dengan gaya belajar auditori melakukan proses berpikir kritis secara asimilasi dan abstraksi pada tahap interpretasi dan analisis, serta asimilasi pada tahap evaluasi dan inferensi (3) subjek dengan gaya belajar kinestetik melakukan proses berpikir berpikir kritis secara asimilasi pada tahap interpretasi dan evaluasi, asimilasi dan abstraksi pada tahap analisis, serta asimilasi dan akomodasi pada tahap inferensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M.Kes Pembimbing II : Susanti, S.Pd,I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Gaya Belajar, HOTS
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fathia Utami
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:52
Last Modified: 23 Jul 2020 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12854

Actions (login required)

View Item
View Item