Penerapan model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Listrik Statis Di Kelas IX SMP Negeri 1 Labuhanhaji

Meri Yunanda, 140204129 (2019) Penerapan model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Listrik Statis Di Kelas IX SMP Negeri 1 Labuhanhaji. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar)
Meri Yunanda, 140205051, FTK, PFS, 082360614100.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di SMP Negeri 1 Labuhan Haji saat ini kurang memberikan hasil yang maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu diterapkan suatu model yang mendukung kegiatan pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatan hasil belajar peserta didik; (b)Untuk mengetahui kreativitas Peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui soal tes dan lembaran observasi. Data hasil dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share didapat t_hitung3,73 > t_tabel 1,68 dan kreativitas peserta didik pada materi Listrik Statis tergolong cukup kreatif dengan nilai rata-rata persentase 75,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas peserta didik pada materi listrik di SMP Negeri 1 Labuhan Haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ridwan, M.Si 2. Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Hasil belajar Peserta Didik, Kreativitas Peserta Didik, dan Listrik Statis.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Meri Yunanda
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:31
Last Modified: 23 Jul 2020 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12869

Actions (login required)

View Item
View Item