Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Samadua

Mayang Saria Ningsih, 150208103 (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Samadua. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi  pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Samadua]
Preview
Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Samadua)
Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Samadua.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon guru dan peserta didik terhadap modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Reaserch and Development (RnD) yaitu model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 peserta didik kelas XI MIA 1 dan 2 orang guru kimia di SMA Negeri 1 Samadua. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dan lembar angket yang dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian uji kelayakan yang dilakukan oleh validator ahli memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,19% dengan kategori sangat layak. Hal ini diperkuat dengan hasil respon guru kimia terhadap modul berbasis multipel representasi dengan kategori setuju (S) sebesar 25% dan kategori sangat setuju (SS) sebesar 75%, serta hasil respon peserta didik dengan kategori sangat tidak setuju (STS) sebesar 2,08%, tidak setuju (TS) sebesar 3,33%, kurang setuju (KS) sebesar 14,17%, setuju (S) sebesar 24,17%, dan sangat setuju (SS) sebesar 56,25%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit layak untuk digunakan di SMA Negeri 1 Samadua. P

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mayang Saria Ningsih
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:46
Last Modified: 28 Jul 2020 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12915

Actions (login required)

View Item
View Item