Analisis User Experience sebagai Kerangka Acuan untuk Mengukur Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Mobile Whatsapp (Studi Kasus pada Mahasiswa PTI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Aisyura, 150212037 (2020) Analisis User Experience sebagai Kerangka Acuan untuk Mengukur Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Mobile Whatsapp (Studi Kasus pada Mahasiswa PTI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Teknolgi]
Preview
Text (Membahas tentang Teknolgi)
AISYURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berawal dari Steve Jobs yang menggugat pemahaman orang pada umumnya tentang user experience design (UXD) pada tahun 2003. Kebanyakan orang berpikir bahwa desain adalah sesuatu yang kita lihat dan rasakan, bagi Steve Jobs, desain tidak sekedar cantik tapi harus bisa berfungsi dan bekerja. Beberapa tahun kemudian, Frank Guo menyederhanakan konsep user experience dengan membaginya dalam empat elemen fundamental, yaitu: value, adoptabilty, desirability, & usability (VADU). Konsep UX diadopsi oleh berbagai platform media sosial, termasuk Whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pengguna whatsapp yang meliputi 4 (value, adoptability, desirebility dan usebility) variabel bebas dan 1 variabel terikat (kepuasan), populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PTI FTK UIN Ar-Raniry sebagi pengguna aktif aplikasi whatsapp. teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobabilitas sampling yaitu Quota Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 237 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linier berganda. Dalam penelitian ini, variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan penggun whatsapp yaitu variabel kegunaan (usability) dan variabel kemampuan beradaptasi (adoptability). Hal ini dibuktikan dengan jumlah sumbangan efektif (SE) variabel usability sebesar 18,7% dan SE variabel adoptability sebesar 13,8% dari sumbangan bersama-sama atau sumbangan relatif (SF) sebesar 38,9% terhadap pengaruh kepuasan pengguna aplikasi whatsapp pada mahasiswa PTI UIN ArRaniry, sedangkan sebanyak 61,1% kepuasan pengguna Whatsapp dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Hendri Ahmadian, S.Si., M.I.M 2. Rahmat Musfikar, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Mobile Whatsapp, User Experience, Kepuasan Pengguna
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Aisyura Aisyura
Date Deposited: 04 Aug 2020 05:07
Last Modified: 04 Aug 2020 05:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12986

Actions (login required)

View Item
View Item