Penggunaan Media Permainan Huruf Hijaiyyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Imlak Masmu’

Meizatul Mawaddah, 140202034 (2019) Penggunaan Media Permainan Huruf Hijaiyyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Imlak Masmu’. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunauan Media Perrmainan Hurruf Hijaiyyah]
Preview
Text (Penggunauan Media Perrmainan Hurruf Hijaiyyah)
Meizatul Mawaddah, 140202034, FTK, PBA, 081265497423.pdf OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penyebab peneliti memilih judul ini karena realita menunjukkan, bahwasanya kebayakan siswa pada tingkat
Tsanawiyah belum mampu menulis Bahasa Arab secara benar, khususnya pada
pada mata pelajaran Bahasa Arab. Mereka tidak bisa menyambung antara huruf
yang terpotong atau huruf tersambung satu dengan lainnya. Adapun faktor yang
mempengaruhi kelemahan mereka dalam menulis adalah guru tidak menggunakan
media pembelajaran yang sesuai dalam proses belajar mengajar. Media yang
mungkin dapat digunakan guru dalam pengajaran menulis khusunya Imlak
masmuk adalah permainan huruf hijaiyyah. Adapun tujuan penulisan penelitian ini
adalah untuk membantu siswa dan mengetahui penggunaan media permainan
huruf hijaiyyah pada pengajaran menulis. Adapun metode penelitian yang peneliti
gunakan adalah metode eksperimen (pre-Experimental Design) peneliti
mengambil sampel pada kelas 2 “f” dengan jumlah siswa 28 orang, untuk
memperoleh data peneliti menggunakan lembar observasi dan tes. Peneliti
menggunakan rumus untuk mengetahui nilai aktivitas guru (=)
dan siswa (p=), Adapun hasil nilai ujian siswa sebelum menggunakan
media permainan adalah sebanyak 1935, sedangkan setelah menggunakan media
nilai hasil ujian siswa sebanyak 2318. Hasil T-test lebih besar dari pada T-tabel
2,05183<19,680>2,77068 yang menunjukkan bahwa Hipotesa nol (Ho) ditolak
dan Hipotesa alternatif (Ha) diterima. Ini menunjukkan bahwa penggunaan
permainan huruf hijaiyyah dapat meningkat kemampuan siswa pada Imlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Hamdiah, M.A 2.Dra. Maimunah, M.A
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Media Huruf Hijaiyah
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Meizatul Mawaddah
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:44
Last Modified: 06 Aug 2020 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item
View Item