Penerapan Model Numbered Head Together (NHT)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 22 Aceh Besar

Riazul Fitri Rahmi, 150209001 (2020) Penerapan Model Numbered Head Together (NHT)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Numbered Head Together (NHT)Untuk   Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 22 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Numbered Head Together (NHT)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 22 Aceh Besar)
Riazul Fitri Rahmi, 150209001, TFK, PGMI, 085358890045.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kekurangan pada kegiatan pembelajaran, seperti kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi maupun media yang menarik dalam proses pembelajaran yang dapat memancing siswa menumbuhkan keingintahuan terhadap apa yang akan dipelajari. Sehingga siswa kurang aktif dan tidak termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan sebuah tindakan yaitu dengan menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan media gambar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui model Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran tematik di MIN 22 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada kelas IVb dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data ini melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil test, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data lembar observasi aktivitas guru pada siklus I (68,96%) termasuk dalam kategori baik dan pada siklus II kemampuan guru mengalami peningkatan sebesar (89,81%) yaitu dalam kategori baik sekali. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (67,24%) dalam kategori baik dan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar (91,67%) yaitu dalam kategori baik sekali. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata (63,64%) termasuk kategori cukup namun secara klasikal belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sudah meningkat menjadi (90,91%) termasuk kategori baik dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV MIN 22 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Darmiah, S, Ag., MA, Pembimbing II : Sri Mutia, S.Pd,I., M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riazatul Fitri Rahmi
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:32
Last Modified: 11 Aug 2020 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

View Item
View Item