Peran dan Fungsi Panglima Laot Simeulue di Tinjau Menurut Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2008 Tentang Lembaga Adat (Studi Kasus di Wilayah Kota Sinabang Kecamatan Simeulue Timur)

Gita Ramadayanti, 150106109 (2020) Peran dan Fungsi Panglima Laot Simeulue di Tinjau Menurut Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2008 Tentang Lembaga Adat (Studi Kasus di Wilayah Kota Sinabang Kecamatan Simeulue Timur). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran dan Fungsi Panglima Laot Simeulue di Tinjau Menurut Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2008 Tentang Lembaga Adat (Studi Kasus di Wilayah Kota Sinabang Kecamatan Simeulue Timur)]
Preview
Text (Peran dan Fungsi Panglima Laot Simeulue di Tinjau Menurut Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2008 Tentang Lembaga Adat (Studi Kasus di Wilayah Kota Sinabang Kecamatan Simeulue Timur))
Gita Ramadayanti, 150106109, FSH, IH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fungsi Panglima Laot meliputi tiga hal, yaitu mempertahankan keamanan di laut, mengatur pengelolaan sumber daya alam di laut dan mengatur pengelolaan lingkungan laut. Kota Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simelue merupakan salah satu Kabupaten yang terkenal dengan sumber daya lautnya yang melimpah. Namun, pada kenyataannya nelayan masih berada pada tekanan kemiskinan. Mengingat Panglima Laot di Aceh yang sampai saat ini belum banyak diketahui baik wewenang, tugas dan fungsinya oleh masyarakat Simeulue. Jadi ada dua persoalan dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana kedudukan Panglima Laot di Kecamatan Simeulue Timur Kota Sinabang, dan kedua, Bagaimana peran dan fungsi Panglima Laot di Kecamatan Simeulue Timur Kota Sinabang Menurut Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2008 tentang Lembaga Adat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara melihat peran dan fungsi panglima laot di Kecamatan Simeulue Timur, yang kemudian dijelaskan secara sistematis mengenai data-data yang diperoleh dalam penelitian berdasarkan tinjauan dari rumusan masalah. Hasil dari penelitian ini peran dan fungsi panglima laot di Kecamatan Simeulue Timur tidak sepenuhnya berjalan dengan lancar, yaitu dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat nelayan yang ada di kota sinabang, dan kurangnya perhatian pemerintah terhadap lembaga panglima laot yang ada di Kecamatan Simeulue Timur. Disarankan kepada pemerintah agar dapat memfasilitasi sarana dan prasarana dalam rangka untuk memajukan kinerja panglima laot yang ada di Kecamatan Simeulue Timur nantinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ali, M. Ag Pembimbing II : Muslim Abdullah, S.Ag, M.H
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Gita Ramadayanti
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:23
Last Modified: 12 Aug 2020 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13060

Actions (login required)

View Item
View Item