Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Dan Media Video Animasi Di SMA Inshafuddin

Nur Azlina, 160207041 (2020) Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Dan Media Video Animasi Di SMA Inshafuddin. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan  Model  Kooperatif Tipe Make A Match Dan Media Video Animasi Di Sma Inshafuddin]
Preview
Text (Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Dan Media Video Animasi Di Sma Inshafuddin)
Nur Azlina ,160207041, FTK, PBL, 082274258211.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi model dan media pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik. Maka perlu diterapkan model dan media pembelajaran seperti model kooperatif tipe make a match dan media video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi dan perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dan media video animasi pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang peserta didik di kelas XI IPA. Penelitian ini dilakukan di SMA Inshafuddin pada bulan Februari 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pemberian angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi peserta didik di kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dengan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol). Persentase motivasi belajar peserta didik di kelas eksperimen sebesar 82,56% (sangat tinggi) sedangkan di kelas kontrol sebesar 64,14% (tinggi). Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik di kelas eskperimen sebesar 88 % (sangat baik) sedangkan di kelas kontrol sebesar 68 % (baik). Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara penerapan model kooperatif tipe make a match dan media video animasi dengan pembelajaran secara konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Media Video Animasi, Motivasi dan Hasil belajar, Sistem Ekskresi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Azlina
Date Deposited: 19 Aug 2020 09:20
Last Modified: 19 Aug 2020 09:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13097

Actions (login required)

View Item
View Item