Efektifitas Pengelolaan Website Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Mainal Furqan, 140401122 (2019) Efektifitas Pengelolaan Website Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Efektifitas Pengelolaan Website Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh)
Mainal Furqan, 140401122, FDK, KPI, 085361669640.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektifitas Pengelolaan Website Kantor Camat Syiah Kuala Terhadap Kepuasan Masyarakat”. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pemerintah daerah dituntut untuk bisa meningkatkan kinerja pelayanan publik melalui layanan Elektronik. Layanan Elektronik pada pemerintah daerah adalah Website. Website pemerintah daerah diharapkan dapat menjadi media penyampaian informasi dan sarana interaksi antara pemerintah dengan masyarakat. Website Kantor Camat Syiah Kuala merupakan website resmi pemerintah dengan situs syiahkualakec.bandaacehkota.go.id. yang bertujan untuk mempermudah penyampaian informasi kepada masyarakat. Kenyataanya masih ada gejala yang menunjukkan bahwa layanan website Kantor Camat Syiah Kuala masih terdapat kesenjangan dengan harapan masyarakat, seperti informasi pada website tidak selalu terupdate. Sehingga website tersebut tidak berfungsi sebagaimana website pemerintahan lainnya. Hal inilah yang ingin dikaji oleh penulis dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas pengelolaan website Kantor Camat Syiah Kuala Kota Banda Aceh terhadap kepuasan masyarakat dalam memperoleh informasi melalui website. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang, satu orang pengelola website Kantor Camat Syiah Kuala dan 10 orang masyarakat Syiah Kuala yang pernah mengakses website Kantor Camat Syiah Kuala. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengelolaan website Kantor Camat Syiah Kuala masih belum efektif karena informasi-informasi pada website masih jarang terupdate, disebabkan karena pihak Kantor Camat Syiah Kuala kekurangan karyawan yang mengusai bidang tersebut sehingga jumlah pengakses terlalu sedikit. Kemudian desain dan pewarnaannya juga masih belum menarik jadi masyarakat merasa bosan dalam mengakses website Kantor Camat Syiah Kuala yakni syiahkualakec.bandaacehkota.go.id. website Kantor Camat Syiah Kuala berfungsi sebagai media penyampaian informasi umum, dan juga sebagai media promosi. Diharapkan kepada pihak Kantor Camat Syiah Kuala dapat meningkatkan pengelolaan website dengan lebih efektif lagi. Dan juga harus mendesain tampilan website agar lebih menarik untuk diakses oleh masyarakat, supaya website Kecamatan Syiah Kuala bisa berfungsi sebagai media Komunikasi bagi masyarakat, tidak hanya berfungsi sebagai media informasi dan promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pengelolaan, Website, dan Kepuasan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mainal Furqan
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:30
Last Modified: 25 Aug 2020 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item
TOP