Evaluasi Kualitas Efluen Program Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Di Gampong Tibang Kota Banda Aceh

Cut Syarmila Sugesti, 150702108 (2020) Evaluasi Kualitas Efluen Program Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Di Gampong Tibang Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang upaya pengolahan air limbah domestik]
Preview
Text (membahas tentang upaya pengolahan air limbah domestik)
Evaluasi Kualitas Efluen Program Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Di Gampong Tibang Kota Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

IPAL komunal merupakan sarana sistem pengolahan air limbah domestik yang sifatnya terpusat. Air limbah atau air hasil kegiatan domestik yang dibuang ke lingkungan tanpa proses pengolahan untuk mencapai standar kualitas yang ditetapkan dapat berdampak bagi lingkungan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kinerja dan efisiensi IPAL komunal yang telah beroperasi di Gampong Tibang Kota Banda Aceh di dalam mengolah air limbah domestik, berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Nomor 68 Tahun 2016. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan pengujian sampel inlet dan outlet IPAL Komunal Gampong Tibang dan melakukan perhitungan efisiensi hingga diperoleh nilai persentase removal polutan pencemar, dengan parameter pH, COD, BOD, Ammonia, TSS, Minyak dan Lemak dan Koliform Total. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efluen IPAL komunal Gampong Tibang saat ini yang melewati baku mutu antara lain kadar polutan COD dengan nilai 115,1 mg/l (Dusun Tgk. Meurah); 135,4 mg/l (Dusun Tgk. Meulinje); 116,8mg/l (Dusun Tgk. Meulagu) dan kadar polutan BOD 41,2 mg/l (Dusun Tgk. Meulinje). Adapun rekomendasi peneliti untuk pengelolaan IPAL komunal di dalam meningkatkan nilai efisiensi yaitu adalah dengan melakukan desain ulang sistem pengolahan IPAL komunal, dengan penambahan kompartemen Anaerobic Baffle Reactor dan dikombinasikan dengan kompartemen Anaerobic Filter di dalam sistem pengolahan untuk mengelola parameter COD, dan BOD pada IPAL komunal Dusun Tgk. Meurah dan Dusun Tgk. Meulinje.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Cut Syarmila Sugesti Cut
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:25
Last Modified: 25 Aug 2020 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13143

Actions (login required)

View Item
View Item