Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMPN 1 Pasie Raja Aceh Selatan

Rizki Rahma Putri, 281223223 (2017) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMPN 1 Pasie Raja Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas model pembelajaran kooperatif tipe Scramble.]
Preview
Text (Membahas model pembelajaran kooperatif tipe Scramble.)
skripsi gabungan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam belajar yaitu model pembelajaran kooperatif tipe scramble, model ini merupakan model pembelajaran yang menggunakan fasilitas kartu yang berisi suatu permasalahan dengan jawaban diacak yang akan disusun oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan pada materi sistem peredaran darah manusia dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 sampai 30 Januari 2017 di SMPN 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan bentuk pretest-posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pasie Raja yang berjumlah 156 siswa dan sampel penelitiannya adalah kelas VIII1 yang berjumlah 27 siswa dengan pemilihan sampel secara teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Lembar Observasi Belajar Siswa dan soal tes (pre-test dan post-test). Hasil analisis data observasi minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa pada setiap pertemuan dari katagori aktif dengan pesertanse 75% sampai dengan katagori sangat aktif dengan persentanse 84,4% dan 87,5%, peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan pada materi sistem peredaran darah manusia dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung > ttable yaitu: 5,609 > 2,021. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Anton Widyanto, M.Ag., Ed.S; NIP. 197610092002121002; 2. Eva Nauli Taib, M.Pd; NIP. 198204232011012010
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Scramble, Aktifitas Belajar Siswa, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah Manusia
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Rizki Rahma Putri Abdul Aziz
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:06
Last Modified: 23 Oct 2017 08:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item
View Item