Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh

Sartika Putri Dewi, 150209019 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil  Belajar Siswa pada Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh)
Sartika Putri Dewi, 150209019, FTK, PGMI, 082272296640.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian pada kelas Vb di MIS Lamgugob Banda Aceh, terlihat masih rendah hasil belajar yang diperoleh oleh siswa, karena dalam proses pembelajaran masih banyak siswa terlihat sulit dalam memahami materi ajar, dikarenakan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, siswa terlihat bosan dalam proses pembelajaran, dikarenakan pembelajaran kurang menarik dan hanya berpatokan pada buku siswa saja, dan tanpa menggunakan model dan media pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran serta siswa tidak merespon pembelajaran yang disampaikan oleh guru dikarenakan komunikasi antar siswa dengan siswa dan antar siswa dengan guru tidak berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, peneliti melakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mencoba menerapkan salah satu model dan media pembelajaran yaitu model pembelajaran think pair share dengan menggunakan media gambar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran think pair share dengan menggunakan media gambar pada kelas Vb MIS Lamgugob Banda Aceh yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap aktivitas guru pada siklus I termasuk dalam kategori cukup dengan skor 70,68% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor 91,96% termasuk dalam kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I termasuk kategori cukup dengan skor 68,10% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor 94,64% termasuk dalam kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I termasuk dalam kategori cukup dengan skor 62,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor 95% termasuk dalam kategori baik sekali. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa melalui penerapan model think pair share dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vb di MIS Lamgugob Banda Aceh sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, S.Ag, M.Pd Pembimbing II : Daniah, S.Si.M, Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sartika Putri Dewi
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:18
Last Modified: 27 Aug 2020 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13157

Actions (login required)

View Item
View Item