Keanekaragaman Tumbuhan Epifit Di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan

Veratul Uhra, 140207210 (2020) Keanekaragaman Tumbuhan Epifit Di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keanekaragaman Tumbuhan Epifit Di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan]
Preview
Text (Keanekaragaman Tumbuhan Epifit Di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan)
Veratul Ukhra, 140207210, FTK, PBL, 085372936616.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Epifit merupakan salah satu jenis tumbuhan yang menempel dan tumbuh pada tumbuhan lain untuk mendapat sinar matahari, air, udara dan mineral sesuai kebutuhan hidupnya. Kajian tentang tumbuhan epifit masih sangat terbatas, baik itu tentang keanekaragamannya maupun peranannya di ekosistem, begitu pula pada praktikum lapangan belum pernah dilakukan pengamatan tentang tumbuhan epifit. Kurangnya referensi serta minimnya media termasuk buku saku tentang tumbuhan epifit dapat menjadi salah satu kendala dalam pembelajaran materi tersebut. Penelitian keanekaragaman tumbuhan epifit dilakukan di kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam pada bulan Februari 2019 yang bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan epifit, tingkat keanekaragaman, dan jenis pohon yang menjadi habitat tumbuhan epifit di kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil serta menyediakan referensi dalam bentuk buku saku dan herbarium. Jenis pohon yang menjadi habitatnya adalah pohon Canarium ovatum, Hopea beccariana, Hevea brasiliensis, Elaeis guineensis dan pohon Eusideroxylon zwageri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuadrat dengan membuat petak contoh 10 x 10 m. Penentuan plot dilakukan secara Purposive sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat keanekaragaman tumbuhan epifit di kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil tergolong sedang yaitu H’ = 1,9071. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan pada mata kuliah ekologi tumbuhan dalam bentuk buku saku dan herbarium. Jenis-jenis tumbuhan epifit yang terdapat di kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam dengan jumlah yang didapatkan 9 jenis tumbuhan epifit dari 4 famili. Perhitungan tingkat keanekaragaman tumbuhan epifit menggunakan indeks Shannon-Weiner (H’). Parameter dalam penelitian ini meliputi jumlah spesies, jumlah individu, tingkat keanekaragaman dan faktor fisika kimia lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Tumbuhan Epifit, SM Rawa Singkil
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Veratul Uhra
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:44
Last Modified: 26 Aug 2020 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13158

Actions (login required)

View Item
View Item