Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Kreativitas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar

Muhammad Akbar Nugaraha, 150206089 (2020) Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Kreativitas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Kreativitas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Kreativitas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar)
Muhammad Akbar Nugraha, 150206089, FTK, MPI.pdf, 082363590006.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelatihan Kepemimpinan merupakan suatu proses dan usaha untuk meningkatkan kualitas seseorang agar mampu memberikan pengaruh terhadap suatu tindakan yang dapat menghasilkan tujuan atau produk pada proses pelaksanaan pendidikan yang berkualitas, khususnya pada pengaruh kreativitas siswa di sekolah. Namun sering kali kreativitas siswa tidak mengalami peningkatan baik pada kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas pelatih dan siswa dalam pelaksanaan pelatihan, untuk mengetahui kreativitas siswa pada pealtihan kepemimpinan di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar, dan mengetahui respon siswa pada pelatihan kepemimpinan di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini ialah penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan observasi dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus organisasi siswa intra sekolah (OSIS). Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil data aktivitas pelatih mendapat nilai rata-rata dari siklus I adalah 65 (cukup), dan siklus II adalah 93,1 (sangat baik). Peningkatan aktivitas pelatih pada pelatihan kepemimpinan dari siklus I ke siklus II dengan rentang nilai rata-rata 27%. Hasil dari aktivitas siswa yang diperoleh nilai rata-rata dari siklus I adalah 71,5 (cukup), dan siklus II adalah 89,7 (sangat baik). Peningkatan aktivitas siswa pada pelatihan kepemimpinan dari siklus I ke siklus II dengan rentang nilai rata-rata 18%. Hasil kreativiatas siswa Pada siklus I nilai rata-rata persentase kreativitas adalah 64 (kreativitas sedang), pada siklus II nilai rata-rata persentase krativiatas siswa adalah 85,9 (kreativitas sangat tinggi). Terdapat peningkatan kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II dengan rentang nilai rata-rata 22%. Dan hasil respon siswa terhadap pelatihan kepemimpinan adalah mendapatkan hasil positif. Pelatihan kepemimpinan menggunakan simulasi atau permainan kepemimpinan dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with username 150206089
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:53
Last Modified: 26 Aug 2020 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13163

Actions (login required)

View Item
View Item