Tingkat Kepatuhan Syariah Dalam Produk Pembiayaan Murabahah di PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh.

Anita Raihan, 150603245 (2020) Tingkat Kepatuhan Syariah Dalam Produk Pembiayaan Murabahah di PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tingkat Kepatuhan Syariah Dalam Produk Pembiayaan Murabahah di PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh.]
Preview
Text (Tingkat Kepatuhan Syariah Dalam Produk Pembiayaan Murabahah di PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh.)
Tingkat Kepatuhan Syariah Dalam Produk Pembiayaan Murabahah di PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pembiayaan murabahah dan tingkat kepatuhan syariah produk pembiayaan murabahah PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bahwa pertama praktik pembiayaan murabahah di PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh sudah dilakukan dengan baik sesuai Standar Operasional Prosedur Bank dan Fatwa DSN-MUI tentang murabahah. (2) Kemudian tingkat kepatuhan syariah dalam produk pembiayaan murabahah pada bank telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI, seperti pelaksanaan akad jual beli murabahah, memberlakukan uang muka kepada nasabah, tidak memberikan denda kepada nasabah yang menunda pembayaran, potongan pelunasan bagi nasabah yang membayar cepat, penjadwalan kembali tagihan jika penyelesaian piutang nasabah tidak mampu membayar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Anita Raihan Anita
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:19
Last Modified: 26 Aug 2020 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13167

Actions (login required)

View Item
View Item