Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Siti Munira, 160209089 (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas  IV MIN  25 Aceh Besar]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas IV MIN 25 Aceh Besar)
Siti Munira, 160209089, FTK, PGMI, 081263536217.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa sangat diperlukan untuk memahami dan memecahkan suatu masalah atau soal matematika yang membutuhkan penalaran, analisis, evaluasi dan interpretasi pikiran. Namun apabila tidak ada kemampuan berpikir kritis maka siswa tidak mampu menyelesaikan masalah matematika dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi operasi hitung campuran pada kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Pada penelitian ini menggunakan 4 indikator kemampuan berpikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 25 Aceh Besar yang terdiri dari 35 siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil analisis data menunjukkan bahwa : siswa yang berkemampuan berpikir kritis tinggi adalah siswa yang mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis. Siswa yang berkemampuan kritisnya sedang mampu memenuhi indikator interpretasi dan analisis namun kurang mampu memenuhi indikator evaluasi dan inferensi. Siswa yang berkemampuan berpikir kritis rendah, kurang mampu dalam menginterpretasikan masalah dan tidak mampu memenuhi indikator analisis, evaluasi, dan inferensi. Ia masih kurang mampu kurang mampu memahami soal sehingga ketika menulis yang diketahui dan yang ditanyakan kurang lengkap dan ketika membuat model matematika (kalimat matematika) kurang tepat bahkan tidak membuatnya sama sekali karena tidak mementingkan langkah pengerjaan, dan langsung menjawabnya dengan kesimpulan. Dalam hal ini dalam hal ini peran guru sangatlah penting dalam melatih siswa dan membiasakannya untuk menyelesaikan soal-soal latihan agar kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd Pembimbing II : Nida Jarmita, S.Pd.I., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Munira
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:32
Last Modified: 27 Aug 2020 01:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13178

Actions (login required)

View Item
View Item