Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry dalam Penerapan Blended Learning

Maisarah, 140212055 (2020) Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry dalam Penerapan Blended Learning. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi Uin Ar-Raniry dalam Penerapan Blended Learning] Text (Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi Uin Ar-Raniry dalam Penerapan Blended Learning)
Maisarah, 140212055, FTK, PTI, 082161661969.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Metode pembelajaran yang dilakukan selama ini di Prodi Pendidikan Teknologi Informasi adalah pembelajaran konvensional, dimana pembelajarannya dilakukan secara face to face antara pengajar dan pelajar dengan metode tatap muka 14-16 kali pertemuan sehingga pelajar dibatasi oleh ruang dan waktu. Dilihat dari kelender akademik banyaknya hari libur menyebabkan mengurangi jumlah pertemuan pembelajaran. Metode pembelajaran Blended Learning dapat dijadikan acuan untuk menerapkan pembelajaran yang efektif dan efesien. Untuk menerapkan model pembelajaran ini, maka terlebih dulu harus diketahui kesiapan mahasiswa dalam pembelajaran blended learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Kemudian data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman dari mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi memiliki skor rata-rata 4.22 yang berarti mahasiswa siap dalam pembelajaran Blended Learning, kemampuan mahasiswa memiliki skor rata-rata 4.28 yang berarti mahasiswa siap dalam pembelajaran Blended Learning, dan pada variabel inovasi memiliki skor rata-rata 4.01 yang berarti mahasiswa siap dalam pembelajaran Blended Learning. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi sudah siap dalam penerapan blended learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
600 Technology (Applied Sciences)
Depositing User: Maisarah Mai
Date Deposited: 28 Aug 2020 07:24
Last Modified: 28 Aug 2020 07:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item
View Item