Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis HOTS pada Materi Kalor di SMA

Siti Maqfirah, 150204002 (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis HOTS pada Materi Kalor di SMA. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis HOTS pada Materi Kalor di SMA]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis HOTS pada Materi Kalor di SMA)
Siti Maqfirah, 150204002, FTK, PFS, 082259205860.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran guru sudah memanfaatkan buku paket dan menggunakan LKPD dari internet. Namun guru belum membuat LKPD secara mandiri yang berbasis HOTS. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD yang dapat menunjang pengetahuan peserta didik dan dirancang agar dapat berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis HOTS dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan LKPD berbasis HOTS yang dinilai oleh ahli ahli desain media berada pada kategori sangat layak (87%), ahli substansi materi juga berada pada kategori layak (80,83%), (2) tanggapan peserta didik terhadap LKPD berbasis HOTS memperoleh persentase rata-rata sebesar 82,5% termasuk dalam kategori sangat tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan belajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Isa, M.Si Pembimbing II : Arusman, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Siti Maqfirah
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:47
Last Modified: 31 Aug 2020 01:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13256

Actions (login required)

View Item
View Item