Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada MIS Lamgugob Banda Aceh

Nurhayati, 150209017 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada MIS Lamgugob Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada MIS Lamgugob Banda Aceh)
Nurhayati, 150209017, PGMI, FTK, 082370138489.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran tentunya harus diterapkan dalam sebuah pembelajaran demi tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran tematik adalah siswa kurang terlibat aktif. Pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan guru dikelas kurang efektif. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka diterapkan model pembelajaran make a match dan media gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kreativitas belajar siswa. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran make a match dan media gambar pada tema selalu berhemat energi di MIS Lamgugob Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent dengan desain pretest-posttest Control Group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling yaitu kelas IVa yang berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVb yang berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian tersebut dikumpulkan melalui (1) rubrik penilaian kreativitas siswa. (2) Soal tes berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data diperoleh (1) hasil kreativitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran make A match dengan menggunakan media gambar mencapai skor yaitu 80.83 % dengan kategori sangat aktif dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai skor yaitu 67.11 % dengan kategori kreatif, Sedangkan perolehan (2) hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji-t yaitu menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dikarenakan nilai thitung ttabel yaitu 3,60 2,02. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kraetivitas dan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi di MIS Lamgugob Banda Aceh.Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd, Ph.D Pembimbing II : Mainisa S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Make A Match, media gambar, kreativitas dan hasil belajar, tema selalu berhemat energi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:45
Last Modified: 31 Aug 2020 01:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13260

Actions (login required)

View Item
View Item