Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Kepercayaan Terhadap Kesadaran Muzaki Dalam Membayar Zakat Pertanian (Studi Kasus pada Baitul Mal di Kabupaten Aceh Tengah)

Triana Kinsiara, 150602131 (2019) Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Kepercayaan Terhadap Kesadaran Muzaki Dalam Membayar Zakat Pertanian (Studi Kasus pada Baitul Mal di Kabupaten Aceh Tengah). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Kepercayaan Terhadap Kesadaran Muzaki Dalam Membayar Zakat Pertanian (Studi Kasus pada Baitul Mal di Kabupaten Aceh Tengah)]
Preview
Text (Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Kepercayaan Terhadap Kesadaran Muzaki Dalam Membayar Zakat Pertanian (Studi Kasus pada Baitul Mal di Kabupaten Aceh Tengah))
Triana Kinsiara, 150602131, FEBI, ES, 082274337447.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan dan kepercayaan terhadap kesadaran muzaki dalam membayar zakat pertanian. Tehnik pengumpulan data adalah data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 petani kopi yang wajib zakat. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel religiusitas, pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kesadaran muzaki dalam membayar zakat pertanian. Variabel religiusitas, pengetahuan dan kepercayaan dapat dijelaskan oleh variabel kesadaran sebesar 33,9%, sedangkan 66,1% sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Dengan demikian kepada pihak lembaga Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah untuk meningkatkan kredibilitas pada lembaga tersebut untuk menumbuhkan kepercayaan muzaki untuk membayar zakat pada Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Cut Dian Fitri, SE., M.Si,Ak.CA Pembimbing II : Dr. Yusniar, SE., MM
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.1432 Zakat Pertanian, Perkebunan, Perikanan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Triana Kinsiara
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:22
Last Modified: 01 Sep 2020 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13286

Actions (login required)

View Item
View Item