Peran OSIS dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan di MTsS Darul Hikmah Aceh Besar

Angga Adiwira, 150206087 (2020) Peran OSIS dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan di MTsS Darul Hikmah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran OSIS dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan di MTsS Darul Hikmah Aceh Besar]
Preview
Text (Peran OSIS dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan di MTsS Darul Hikmah Aceh Besar)
Angga Adiwira, 150206087, FTK, MPI, 082168317967.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Minimnya kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah merupakan masalah yang masih berkelanjutan hingga saat ini, dikarenakan kurangnya pengetahuan dan infrastruktur dalam menjaga lingkungan. OSIS sebagai wadah perkumpulan bagi siswa diharapkan mampu melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai diantaranya menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada diri setiap siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran OSIS dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan, realisasi program serta kendala yang dihadapi dalam kegiatan ini. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara serta teknik dokumentasi untuk menggali hasil yang optimal dengan subjek penelitian ketua pembina, pembina dan ketua OSIS. Hasil penelitian: (1) Peran OSIS dalam menumbuhkan karaker peduli lingkungan di MTsS Darul Hikmah Aceh Besar terlihat pada peran OSIS sebagai wadah tempat siswa saling bekerjasama untuk mencapai tujuan, kemudian sebagai penggerak membantu sekolah menjalankan kegiatan yang telah direncanakan dan sebagai peranan yang bersifat preventif dapat meminimalisir perilaku siswa yang menyimpang dengan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh OSIS (2) Realisasi program pelaksanaan karakter peduli lingkungan terlihat dari kegiatan-kegiatan yang mana bertujuan menanamkan nilai karakter peduli lingkungan kepada siswa yang mana kesemuanya disusun dan dirincikan dengan melihat berbagai peluang dan hambatan dalam program ini (3) Kendala dalam kegiatan ini adalah pola perilaku siswa yang sulit untuk diatur, kemudian sarana prasarana belum memadai dan lingkungan masyarakat sekitar yang masih kurang perhatian dalam memberikan kontribusi terhadap kegiatan karakter peduli lingkungan. Peran OSIS dalam menumbuhkan karakter lingkungan jika dilaksanakan dengan baik akan menanamkan nilai-nilai karakter melalui berbagai macam kegiatan OSIS baik kegiatan rutinan maupun kegiatan lainnya. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai model pembentukan karakter peduli lingkungan sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Yusri M.Daud, M.Pd Pembimbing II : Dr Murni, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Angga Adiwira
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:32
Last Modified: 03 Sep 2020 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13311

Actions (login required)

View Item
View Item