Keanekaragaman Spesies Burung pada Beberapa Tipe Habitat di Ekosistem Guha Tujoh Laweung Kabupaten Pidie Sebagai Referensi Matakuliah Ornitologi

Hasbuna, 140207056 (2020) Keanekaragaman Spesies Burung pada Beberapa Tipe Habitat di Ekosistem Guha Tujoh Laweung Kabupaten Pidie Sebagai Referensi Matakuliah Ornitologi. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keanekargaman Spesies Burung pada Beberapa Tipe Habitat Ekosistem Guha Tujoh Laweung Kabupaten Pidie Sebagai Referensi Matakuliah Ornitologi]
Preview
Text (Keanekargaman Spesies Burung pada Beberapa Tipe Habitat Ekosistem Guha Tujoh Laweung Kabupaten Pidie Sebagai Referensi Matakuliah Ornitologi)
Hasbuna, 140207056, FTK, PBL, 082387350616.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keanekaragaman berbagai spesies burung pada suatu habitat di pengaruhi oleh adanya berbagai vegetasi dari tumbuhan, aktivitas manusia dan juga ketersediaan pakan bagi burung. Guha Tujoh Laweung merupakan suatu wilayah yang memiliki tipe habitat yang dihuni oleh berbagai macam spesies fauna, termasuk burung. Ancaman utama terhadap burung di wilayah ini adalah kerusakan habitat yang disebabkan oleh aktivitas pembangunan, penebangan hutan dan ahli fungsi hutan menjadi kawasan perkebunan. Selain itu hadirnya kegiatan penambangan semen di kawasan tersebut menjadi ancaman terhadap habitat burung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan spesies burung, dan tingkat keanekaragaman burung serta bentuk referensi dari hasil penelitian burung pada beberapa tipe habitat di ekosistem Guha Tujoh Laweung Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi titik hitung dan garis transek. Penentuan titik hitung di setiap habitat menggunakan metode purposive sampling, pengambilan data burung dilakukan pada empat tipe habitat yang terdiri dari sepuluh titik pengamatan. Hasil penelitian menujukkan bahwa, jumlah spesies burung yang terdapat di beberapa tipe habitat pada ekosistem Guha Tujoh Laweung adalah 32 spesies dari 23 famili. Tingkat keanekaragamannya termasuk ke dalam katagori sedang dengan H̄=2.89, yaitu habitat hutan sekunder H̄= 2,14, habitat hutan PT SAI H̄= 2,23, habitat Guha Tujoh H̄= 1,85 dan pada habitat pantai H̄= 0,86. Bentuk hasil penelitian keanakaragaman spesies burung di Guha Tujoh Laweung diaplikasikan dalam bentuk buku referensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman,Ornitologi, Tipe Habitat, Laweung Pidie.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hasbuna Hasbuna
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:26
Last Modified: 01 Sep 2020 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13348

Actions (login required)

View Item
View Item