Peran Pendamping Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Gampong Lhong Cut Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh

Fakhriatul Jannah, 160802007 (2020) Peran Pendamping Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Gampong Lhong Cut Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Pendamping Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Gampong Lhong Cut Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Peran Pendamping Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Gampong Lhong Cut Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh)
Fakhriatul Jannah, 160802007, FISIP,IAN, 082277677606.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (43MB) | Preview

Abstract

Pendamping desa memiliki peranan cukup penting dalam pengembangan sebuah desa. salah satu tugasnya adalah mendampingi desa dalam berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat. Mengarahkan aparatur desa dalam mengelola anggaran dana, dan ikut berperan dalam pemberdayaan masyarakat. Faktanya masih ada pendamping desa relatif belum maksimal melaksanakan peranan dalam memberdayakan masyarakat secara baik. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana peran pendamping desa dalam pemberdayaan masyarakat, serta apa faktor penghambat pendamping desa dalam pemberdayaan masyarakat di Gampong Lhong Cut, Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini yaitu Deskriptif-Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendamping desa dalam pemberdayaan masyarakat Gampong Lhong Cut relatif belum maksimal dilakukan. Belum maksimalnya dapat dilihat dari 3 indikator peran pendamping desa. seperti, kurangnya partisipasi masyarakat, program yang tidak berkembang dan kurangnya pengawasan dari pendamping desa. Adapun faktor penghambat terwujudnya pemberdayaan masyarakat adalah oleh 3 (tiga) faktor penghambat, yaitu kualitas, aksebilitas dan koordinasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran pendamping desa dalam pemberdayaan masyarakat digampong Lhong Cut belum maksimal dikarenakan kurangnya pengetahuan pendamping desa dalam memberdayakan masyarakat, keterbatasan waktu untuk menjangkau seluruh gampong, dan kurangnya koordinasi aparatur gampong dengan pendamping desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Fakhriatul Jannah
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:57
Last Modified: 01 Sep 2020 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13353

Actions (login required)

View Item
View Item