Nelida Sari, 150204088 (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Usaha Dan Energi Di Kelas X Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Nelida Sari, 150204088, FTK, PFS, 081291762631.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB) | Preview
Abstract
Modul ini dibuat oleh peneliti karena masih adanya keterbatasan bahan ajar 
dikelas X MAS Darul Ihsan Aceh Besar yang menjadikan kehadiran modul 
sebagai salah satu pilihan dalam pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah: 
Untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri 
terbimbing pada usaha dan energi dan mengetahui respon peserta didik terhadap 
modul tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau 
Research and Development (R&D) yang mengacu pada langkah Sugiyono dan 
dibatasi tidak menggunakan uji coba pemakaian, revisi produk akhir dan produksi 
massal. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu potensi dan 
masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji 
coba produk. Instrument penelitian menggunakan lembar validasi modul dan 
angket peserta didik. Validasi diisi oleh ahli subtansi materi dengan 5 kategori dan 
ahli media dengan 3 kategori yang masing- masing memiliki 5 pilihan dalam 
bentuk checklist. Data angket diisi oleh peserta didik dengan 11 pernyataan untuk 
melihat keefektifan modul dengan 4 pilihan dalam bentuk checklist. Data 
penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase, kelayakan modul 
yang diperoleh dari subtansi ahli materi mendapat nilai persentase 85% dengan 
kategori sangat layak dan penilaian desain dari ahli media mendapat nilai 
persentase 81,21% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik sangat 
positif terhadap keefektifan modul pada uji coba produk yang mendapatkan nilai 
persentase rata- rata yaitu 79,64% dengan kategori tertarik. Dengan demikian 
dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang berupa modul pembelajaran fisika pada 
materi usaha dan energi layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: 1.Fitriyawany, Spd.I,. M.Pd 2.Sri Nengsih, S.Si,. M.Sc | 
| Uncontrolled Keywords: | Penelitian dan Pengembangan (R&D), Model Inkuiri Terbimbi ng,Usaha dan Energi | 
| Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika) | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika | 
| Depositing User: | Nelida Sari | 
| Date Deposited: | 01 Sep 2020 04:27 | 
| Last Modified: | 01 Sep 2020 04:27 | 
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13357 | 
        		
		            
		        