Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Usaha Dan Energi Di Kelas X Darul Ihsan Aceh Besar

Nelida Sari, 150204088 (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Usaha Dan Energi Di Kelas X Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri  Terbimbing Pada Materi Usaha Dan Energi]
Preview
Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Usaha Dan Energi)
Nelida Sari, 150204088, FTK, PFS, 081291762631.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Modul ini dibuat oleh peneliti karena masih adanya keterbatasan bahan ajar
dikelas X MAS Darul Ihsan Aceh Besar yang menjadikan kehadiran modul
sebagai salah satu pilihan dalam pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah:
Untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri
terbimbing pada usaha dan energi dan mengetahui respon peserta didik terhadap
modul tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau
Research and Development (R&D) yang mengacu pada langkah Sugiyono dan
dibatasi tidak menggunakan uji coba pemakaian, revisi produk akhir dan produksi
massal. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu potensi dan
masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji
coba produk. Instrument penelitian menggunakan lembar validasi modul dan
angket peserta didik. Validasi diisi oleh ahli subtansi materi dengan 5 kategori dan
ahli media dengan 3 kategori yang masing- masing memiliki 5 pilihan dalam
bentuk checklist. Data angket diisi oleh peserta didik dengan 11 pernyataan untuk
melihat keefektifan modul dengan 4 pilihan dalam bentuk checklist. Data
penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase, kelayakan modul
yang diperoleh dari subtansi ahli materi mendapat nilai persentase 85% dengan
kategori sangat layak dan penilaian desain dari ahli media mendapat nilai
persentase 81,21% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik sangat
positif terhadap keefektifan modul pada uji coba produk yang mendapatkan nilai
persentase rata- rata yaitu 79,64% dengan kategori tertarik. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang berupa modul pembelajaran fisika pada
materi usaha dan energi layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Fitriyawany, Spd.I,. M.Pd 2.Sri Nengsih, S.Si,. M.Sc
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan (R&D), Model Inkuiri Terbimbi ng,Usaha dan Energi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nelida Sari
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:27
Last Modified: 01 Sep 2020 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13357

Actions (login required)

View Item
View Item