Peran Etika Terhadap Ego Materialisme Perspektif Muhammad Iqbal

Riska Yanti, 160301033 (2020) Peran Etika Terhadap Ego Materialisme Perspektif Muhammad Iqbal. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Etika Terhadap Ego Materialisme Perspektif Muhammad Iqbal]
Preview
Text (Peran Etika Terhadap Ego Materialisme Perspektif Muhammad Iqbal)
Riska Yanti, 16`0301033, FUF, AFI, 082274739220.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Materialisme adalah paham filsafat yang meyakini bahwa esensi kenyataan, termasuk esensi manusia bersifat material atau fisik, maka materi (benda) adalah tujuan yang ingin didapatkan sebanyak-banyaknya. Etika merupakan pegangan dalam menilai baik buruk dalam bersikap agar tercipta sebuah pribadi yang baik. Tanpa adanya etika sebagai filterisasi maka makna dan tujuan hidup yang sebenarnya menjadi kabur. Penelitian ini ingin mengkaji bagaimana peran etika terhadap ego materialisme dalam perspektif Muhammad Iqbal. Konsep etika Iqbal diangkat untuk dijadikan solusi dalam memobilisasi ego materialisme dalam diri. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan peran etika terhadap terhadap ego materialisme yang ditawarkan Iqbal. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan historis faktual. Hasil Penelitian dapat dijelaskan bahwa problematika hidup, khususnya dalam memobilisasi ego materialisme menurut Iqbal, seseorang perlu menerapakan konsep insan kamil. Konsep insan kamil menurut Iqbal dapat digunakan sebagai landasan bijak dalam pembentukan nilai moral atau etika. Pembentukannya melalui tiga tahap, yaitu: ketaatan kepada hukum, pengendaalian diri, dan kekhalifahan ilahiah. Hasil penerapan tiga hal ini akan membentuk jiwa manusia yang berkarakter. Manusia yang berkarakter adalah pribadi yang menjunjung tinggi nilai etika dan menerapkannya dalam kehidupan. Pribadi yang berkarakter insan kamil memiliki kekuatan dan kesiapan mental dalam mengadapi perubahan dan perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husna Amin, M.Hum. Pembimbing II : Raina Wildan, S.Fil.I., M.A.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat > 2X7.15 Phikologi Agama Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Riska Yanti
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:24
Last Modified: 02 Sep 2020 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13389

Actions (login required)

View Item
View Item