Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Fisika Ditinjau dari Gaya Berpikir Sekuensial Abstrak

Susanti, 160204017 (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Fisika Ditinjau dari Gaya Berpikir Sekuensial Abstrak. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL ABSTRAK]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL ABSTRAK)
Susanti, 160204017, FTK, PFS, 082277709611.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa antara lain di karenakan gaya
berpikir siswa yang berbeda-beda dan pembelajaran yang diterapkan di sekolah
masih didominasi oleh guru sehingga kurang melatih kemampuan berpikir kritis
pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Kemampuan
Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah ditinjau dari Gaya
Berpikir sekuensial Abstrak. Metode yang digunakan adalah Meta-sintesis dengan
pendekatan kualitatif. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dengan mengumpulkan artikel-artikel yang berkenaan dengan kemampuan
berpikir kritis dalam memecahkan masalah fisika ditinjau dari gaya berpikir
sekuensial abstrak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
instrumen menurut Francis dan Baldesari dengan melakukan screening untuk
seleksi artikel dari proses pencarian dan pengambilan sesuai dengan kriteria yang
memenuhi syarat secara eksplisit. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengumpulkan artikel-artikel mengumpulkan artikel-artikel yang berkenaan
dengan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah fisika ditinjau dari
gaya berpikir sekuensial abstrak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis isi (content analisys) dan proses tahapan penelitian untuk metasintesis terdapat lima proses yaitu yang diawali dengan memformulasikan
pertanyaan penelitian (formulating the review question), melakukan pencarian
literatur systematic review (conducting a systematic literature search), melakukan
screening dan seleksi artikel penelitian yang cocok (screening and selecting
appropriate research articles), melakukan analisis dan sintesis temuan-temuan
kualitatif (analyzing and synthesizing qualitative findings). Berdasarkan hasil
penelitian ditemukan Pada tahap menghasilkan solusi masalah peserta didik
dengan gaya berpikir sekuensial abstrak mampu menyusun informasi yang
penting dan relevan serta mencari informasi yang belum diketahui sehingga
didapatkan informasi yang utuh untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik
dengan gaya berpikir sekuensial abstrak mampu memenuhi seluruh indikator
berpikir kritis menurut Ennis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Sekuensial Abstrak
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: 160204017 Susanti
Date Deposited: 03 Sep 2020 05:15
Last Modified: 03 Sep 2020 05:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13426

Actions (login required)

View Item
View Item