Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Melalui Model Environmental Learning Pada Siswa Kelas V MIN 37 Pidie

Muamar Fadhilatul Rizki, 150209123 (2020) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Melalui Model Environmental Learning Pada Siswa Kelas V MIN 37 Pidie. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[img] Text (skripsi)
Muamar Fadhilatul Rizki 150209123, FTK, PGMI,081335577020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang menarik diawali dengan adanya minat belajar pada siswa.
Minat belajar siswa yang kurang terutama dalam pembelajaran IPA bisa mengakibatkan
hasil belajar IPA yang belum optimal. Dari hasil observasi di kelas V MIN 37 Pidie
proses pembelajaran yang dilakukan guru cenderung masih satu arah seperti siswa
mendengarkan, mencatat, menjawab soal, dan mengumpulkannya. Tidak adanya
interaksi antara guru dan siswa di saat guru menerangkan materi serta siswa dengan
siswa di saat kerja kelompok. Siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran
seperti adanya perasaan tidak senang, bosan, dan tidak memperhatikan pelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru melalui penerapan model
environmental learning pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN 37, untuk mengetahui
aktivitas siswa melalui penerapan model environmental learning pada mata pelajaran
IPA di kelas V MIN 37 Pidie dan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar
siswa melalui penerapan model environmental learning pada mata pelajaran IPA di
kelas V MIN 37 Pidie. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Teknik dan instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar
observasi aktivitas siswa dan soal post-tes. Analisis data pada penelitian mengunakan
rumus deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh bahwa
aktivitas guru dalam mengolah pembelajaran pada siklus I adalah 87,5% dan pada
siklus II memperoleh 98,61%, sedangkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran
siklus I memperoleh 88,8% dan siklus II sebanyak 98,61%. Hasil belajar siswa pada
siklus I memperoleh 71,42% dan siklus II memperoleh 89,52%, sedangkan minat
belajar siswa pada siklus I memperoleh 71,90% dan siklus II sebanyak 77% meningkat.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpullkan bahwa penerapan model
environmental learning dapat meningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di kelas V MIN 37 Pidie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: 150209123 Muamar Fadhilatul Rizki
Date Deposited: 04 Sep 2020 04:51
Last Modified: 04 Sep 2020 04:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

View Item View Item
TOP