Governansi Keuangan Pada UPTD Pengelola Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Putri Marzaniar, 160802053 (2020) Governansi Keuangan Pada UPTD Pengelola Masjid Raya Baiturrahman Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penelitian tentang Governansi Keuangan Publik)
Putri Marzaniar, 160802053, FISIP, IAN, 082368384141.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Aceh merupakan Masjid Agung Provinsi Aceh yang dikelola oleh UPTD Pengelola MRB yang berada di bawah Dinas Syariat Islam Aceh. MRB dalam menjalankan aktivitasnya didukung oleh beberapa sumber pendapatan, diantaranya dana umat, layanan jasa (pengelolaan parkir, penitipan sandal, WC umum, dan sumbangan pernikahan), dan APBA. Pengelolaan keuangan yang baik terhadap sumber pendapatan tersebut sangat dibutuhkan. Berbagai kekhawatiran akan muncul jika governansi keuangan MRB yang dikelola jauh dari prinsip good governance. Governansi keuangan yang tidak baik, tidak hanya mempengaruhi kepercayaan masyarakat tetapi juga berdampak pada citra MRB sebagai Masjid Agung Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan governansi keuangan pada UPTD Pengelola MRB Aceh dan apa saja faktor penghambat dalam penerapan governansi keuangan pada UPTD Pengelola MRB Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, transparansi yang diterapkan pada UPTD Pengelola MRB hanya sebatas publikasi informasi peribadatan, UPTD belum menyiapkan kotak saran sebagai bentuk keterbukaan UPTD kepada masyarakat. Kemudian akuntabilitas yang diterapkan juga relatif masih belum sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Hal-hal yang mempengaruhi penerapan governansi keuangan pada UPTD Pengelola MRB Aceh, berupa sumber daya manusia serta sarana dan prasarana pendukung yang relatif masih kurang memadai, pengelolaan arsip belum tertata dengan baik, dan permasalahan internal antara BK-MRB dengan Pengelola UPTD. Penelitian ini menyimpulkan bahwa governansi keuangan pada UPTD Pengelola MRB relatif masih kurang baik dan dalam penerapannya dijumpai beberapa faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Dahlawi, M. Si 2. Zakki Fuad Khalil, S.IP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Governansi, UPTD Baiturrahman, Transparansi, Akuntabilitas
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Putri Marzaniar
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:29
Last Modified: 03 Sep 2020 07:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13445

Actions (login required)

View Item View Item
TOP