Kemampuan Mahasiswa Calon Guru dalam Mengembangkan Media dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning (PjBL)

Yenti Muliyani, 160204004 (2020) Kemampuan Mahasiswa Calon Guru dalam Mengembangkan Media dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning (PjBL). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan Mahasiswa Calon Guru dalam Mengembangkan Media dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning (PjBL)]
Preview
Text (Kemampuan Mahasiswa Calon Guru dalam Mengembangkan Media dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning (PjBL))
Yenti Muliyani, 160204004, FTK, PFS, 082226723289.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://library.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mahasiwa calon guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik tertarik dan termotivasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan mahasiswa calon guru dalam penguasaan konsep media dan bahan ajar IPA berbasis Project Based Learning (PjBL), (2) kemampuan mahasiswa calon guru IPA dalam mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan subjek penelitian berjumlah 12 orang yang penilaiannya terdiri dari peguasaan konsep dan penilaian instrumen pengembangan media dan bahan ajar IPA yang kedua data tersebut dianalisis menggunakan rumus perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahapan (1) penguasaan konsep dengan jumlah total persentase mendapatkan kategori baik (77,3%) yang terdiri dari 10 mahasiswa calon guru IPA mendapatkan kategori baik dan 2 orang mahasiswa lainnya mendapatkan kategori sangat baik. Tahapan (2) penilaian instrumen pengembangan media dan bahan ajar IPA yang meliputi materi dengan kategori baik (72,8%), desain pembelajaran dengan kategori cukup (64,6%), media komunikasi pembelajaran dengan kategori baik (76,3%), dan ketertarikan mahasiswa terhadap media pembelajaran dengan kategori cukup (70,7%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Misbahul Jannah, M.Pd, Ph.D Pembimbing 2 : Rahmati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mahasiswa Calon Guru, Media Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL).
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: 160204004 Yenti Muliyani
Date Deposited: 03 Sep 2020 09:34
Last Modified: 03 Sep 2020 09:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item
View Item