Efektivitas Penerapan Metode Iqra’ untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Santri TPA At-Taqwa Lampupok

Akmal, 160201041 (2020) Efektivitas Penerapan Metode Iqra’ untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Santri TPA At-Taqwa Lampupok. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Akmal, 160201041, FTK, PAI, 081261009667.pdf]
Preview
Text
Akmal, 160201041, FTK, PAI, 081261009667.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (822kB) | Preview

Abstract

Setiap muslim seharusnya mampu membaca al-Qur'an dengan baik dan benar. Akan tetapi kenyataan di lapangan masih ada yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar termasuk santri TPA At-Taqwa Lampupok. Sehingga dengan problematika tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui kemampuan baca tulis al-Qur’an dan kefektivan penerapan metode iqra’ di TPA At-Taqwa Lampupok dengan tujuan dan manfaat agar dapat memusatkan perhatian pada pengajaran alQur’an sejak usia dini pada santri TPA agar kemampuan membaca al-Qur’an maksimal dan metode iqra’ berjalan efektif. Dengan melakukan beberapa kajian terdahulu yang relevan untuk mendapatkan titik fokus penelitian yang sistematis dan terarah dengan memusatkan persamaan dan perbedaan arah penelitian. Berbagai metode dan materi dijelaskan secara rinci untuk mengkaji permasalahan yang sedang diteliti supaya ilmiah dan dapat dibuktikan kebenarannya, seperti materi ilmu tajwid, makharijul huruf, ahkamul mad dan metode demonstrasi dalam mendukung proses pelaksanaan metode iqra’. Untuk mendapatkan data penelitian yang valid dengan merujuk pada buku dan materi mengenai proses dan langkah-langkah penelitian dengan teknik wawancara dan observasi serta studi dokumentasi untuk pembuktian pelaksanaan penelitian yang terstruktur. Dalam proses penelitian menemukan beberapa jawaban dan faktor penyebab tidak efektif penerapan metode iqra’ di TPA At-Taqwa Lampupok, faktor dari santri yang belum mampu mengucapkan huruf yang hampir bersamaan makhraj dan sifatnya seperti huruf zai, dzal, tha, dha, sa, sya dan ha yang membuat kewalahan santri dalam mengucapkan dan kewalahan ustadz/ah dalam mengajarkan karena membutuhkan waktu yang maksimal dalam mengajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya keadaan santri TPA At-Taqwa lampupok masih banyak yang belum mampu mengucapkan makharijul huruf dengan tepat, belum mampu membedakan makhraj huruf yang berdekatan dan sering lupa ukuran panjang bacaan mad, sedangkan di faktor ustadz/ah masih kurang pengalaman dan kemampuan mengajar dengan baik seingga kedepan kita harapkan untuk menyediakan fasilitas belajar yang maksimal dan ustadz/ah terus menambah kreatifitas dalam mengajar, memperkaya materi dan bahan ajar agar proses pembelajaran maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Dr. Fuadi Mardhatillah, MA 2. Dr. Muzakir, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Baca Tulis al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akmal Akmal
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:07
Last Modified: 03 Sep 2020 08:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13496

Actions (login required)

View Item
View Item