Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Basid Lerning (PBL) Pada Mata Pelajaran Fisika Di Kelas XI SMAN 1 Alafan

Olifia Widia Astuti, 150204032 (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Basid Lerning (PBL) Pada Mata Pelajaran Fisika Di Kelas XI SMAN 1 Alafan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui  Model Problem Basid Lerning (PBL)]
Preview
Text (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Basid Lerning (PBL))
Olifia Widia Astuti,150204032,FTK,PFS.pdf MANTAP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research)
yang bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika peserta
didik, (2) mengetahui aktivitas guru dan peserta didik dalam kegiatan belajar
mengajar, dan (3) mengetahui respon peserta didik dengan model Problem Based
Lerning (PBL). Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA SMAN 1 Alafan yang
berjumlah 25 peserta didik. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, dari hasil
penelitian selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa: (1) peningkatan hasil
belajar peserta didik 56% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. (2) sekor rata￾rata aktivitas guru untuk kegiatan awal pada siklus I cukup baik, dan pada siklus
II baik. Sekor rata-rata pada aktivitas peserta didik untuk kegiatan awal pada
siklus I cukup baik dan pada siklus II baik. (3) respon peserta didik terhadap
model PBL diperoleh bahwa rata-rata pendapat peserta didik yang menyatakan
sangat setuju yaitu 71,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat peningkatan
hasil belajar peserta didik jelas bahwa melalui model pembelajaran PBL dap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbibg: 1.Drs. Soewarno S.,M.Si 2. Rahmati M,Pd
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Model (PBL)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Olifia Widia Astuti
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:37
Last Modified: 03 Sep 2020 08:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13516

Actions (login required)

View Item
View Item