Sinergitas Antar Lembaga Dalam Penanggulangan Narkotika Bagi Remaja Di Gampong Ulee Rubek Barat Kecamatan Seunuddon Aceh utara

Abdul Mughis, 160802002 (2020) Sinergitas Antar Lembaga Dalam Penanggulangan Narkotika Bagi Remaja Di Gampong Ulee Rubek Barat Kecamatan Seunuddon Aceh utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Sinergitas Antar Lembaga Dalam Penanggulangan Narkotika)
Abdul Mughis, 160802002, FISIP, IAN, 082277010276.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang sinergitas antar lembaga dalam penanggulangan narkotika bagi remaja di Gampong Ulee Rubek Barat, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, melihat letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka dari sebelah utara sehingga rentan terhadap penyalahgunaan narkotika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana sinergitas antar lembaga dalam penganggulangan narkotika bagi remaja dan bagaimana upaya pemerintah dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergitas antara Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Lhokseumawe, dinas kesehatan, dinas sosial maupun pemerintah gampong Ulee Rubek Barat beserta seluruh komponen masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika, terjadi secara aktif. Sinergitas yang terjalin antara lembaga-lembaga tersebut dilihat dari dua indikator sinergitas yaitu komunikasi dan koordinasi. Kendala dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika di Gampong Ulee Rubek Barat diantaranya: kurangnya anggaran, kesulitan BNNK untuk menangkap pengguna narkoba karena tidak ada transparansi dari pihak keluarga dan masyarakat, kurangnya tempat rehabilitasi dan tenaga medis yang menangani. Adapun upaya yang dilakukan yaitu dengan mengadakan sosialisasi, memberikan informasi dan edukasi yang benar kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkotika; melakukan penyelamatan para pengguna narkoba dengan cara rehabilitasi, memberantas para bandar, sindikat dan memutus peredaran gelap narkotika.; memperbesar pos anggaran dalam hal pencegahan dan penyalahgunaan narkotika; memperkuat sinergitas antar lembaga berupa komunikasi dan koordinasi lintas lembaga; serta memfasilitasi upaya khusus, rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial bagi pecandu narkotika dan peredaran narkotika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa memang terjadi sinergitas antara berbagai lembaga terkait dalam penanggulangan penyalahgunaan narkotika dikalangan remaja namun perlu ditingkatkan lagi pada bagian koordinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Muhammad Thalal, Lc, M.S, M.Ed 2. Muazzinah B. Sc., MPA
Uncontrolled Keywords: Penyalahgunaan Narkotika, penanggulangan narkotika, kenakalan remaja,Sinergitas antar lembaga
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Abdul mughis Nurhayati
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:33
Last Modified: 03 Sep 2020 07:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13533

Actions (login required)

View Item View Item
TOP