Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom di MAN 2 Aceh Selatan

Meri Salvia Hilda, 150208088 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom di MAN 2 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil  Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom di MAN 2 Aceh Selatan]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom di MAN 2 Aceh Selatan)
Meri Salvia Hilda, 150208088, FTK, PKM, 081262910323,.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAN 2 A ceh Selatan dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasi Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom di MAN 2 Aceh Selatan yang dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang belum pernahmenerapkan model pembelajaran Make A Match sehingga peserta didik tidak hanya menguasai konsep, tetapi dapat juga menemukan hal-hal baru dengan menggunakan model Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Make A Match. Mengetahui respon peserta didik terhadap pengaruh Make a Match.Rancangan Penelitian yang digunakan adalah pra-Eksprimen dengan menggunakan deasain one grup pre-test-post-test. Proses pengambilan sampel penelitian dilakukan secara purposi samplingmenggunakan korelasi yaitu kelas X IPA MAN 2 Aceh Selatan. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Analisis data hasil belajar dan angket respon peserta didik. Analisis data hasil belajar menggunakan korelasi product moment sedangkan pada angket respon siswa menggunakan persentase nilai respon. Hasil penelitian diperoleh uji korelasi pretest dan posttest sebesar 0,603 dengan signifikasi 0,002< 0,05 maka, Ha diterima dan H0 ditolak. Data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hail Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom di MAN 2 Aceh Selatan. Analisis persentase rata-rata respon peserta didik diperoleh sangat setuju 70,83%, setuju 26,24, tidak setuju 2,49% dan sangat tidak setuju 0%. Jadi model pembelajaran Make a Match berpengaruh positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Meri Salvia Hilda
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:52
Last Modified: 03 Sep 2020 08:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13542

Actions (login required)

View Item
View Item