Fitria Rahmadhani, 160204095 (2020) Perangkat Pembelajaran Pada Materi Pengukuran Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Fitria Rahmadhani, 160204095, FTK, PFS, 082321632266.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh belum adanya perangkat pembelajaran khusus yang menuntun peserta didik dalam melatih Keterampilan Proses Sains melalui penyelidikan ilmiah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Desain penyusunan, dan (2) Tingkat kelayakan perangkat pembelajaran materi pengukuran untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE dan dibatasi tidak menggunakan langkah penerapan (implementation). Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analisis dengan langkah studi pendahuluan, desain produk, pengembangan produk dan evaluasi produk. Instrumen penelitian berupa skala angket dengan empat kategori disusun dalam bentuk cheklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain penyusunan perangkat pembelajaran materi pengukuran untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains peserta didik yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori layak (76,7%), (2) Tingkat kelayakan perangkat pembelajaran materi pengukuran untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains peserta didik yang dinilai oleh ahli substansi materi berada pada kategori layak (73,2%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Scientific Learning, Keterampilan Proses Sains, Pengukuran |
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fitria Rahmadhani |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 10:23 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 10:23 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13598 |