Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengenalan Hadits di TK Raudhatul Ibni Meureubo Aceh Barat

Yuni Desti, 150210022 (2020) Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengenalan Hadits di TK Raudhatul Ibni Meureubo Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengenalan Hadits di TK Raudhatul Ibni Meureubo Aceh Barat]
Preview
Text (Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengenalan Hadits di TK Raudhatul Ibni Meureubo Aceh Barat)
Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengenalan Hadits di TK Raudhatul Ibni Meureubo Aceh Barat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penerapan metode bercerita dalam pengenalan hadits akan meningkatkan pengenalan hadits pada anak, sehingga anak lebih mudah untuk mengingat, menghafal, dan menerapkan hadits dalam kehidupan sehari-hari. Hasil observasi awal di TK Raudhatul Ibni Meureubo Aceh Barat, ditemukan bahwa dalam proses pengenalan hadits anak mengalami kesulitan. Salah satu faktornya adalah guru menggunakan metode pembelajaran yang monoton, yaitu memperkenalkan hadits hanya melalui ucapan dan buku bacaan sehingga membuat anak cepat bosan dan susah dalam mengingat hadits-hadits yang diperkenalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam penerapan metode bercerita untuk memperkenalkan hadits, dan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bercerita dapat meningkatkan pengenalan hadits pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari 20 anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa Siklus I guru memperoleh nilai 2,77 dengan kriteria Baik, dan pengenalan hadits pada anak pada Siklus I mencapai 44,16% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB). Pada Siklus II guru memperoleh nilai 3,66 dengan kriteria Sangat Baik. Sedangkan pengenalan hadits pada anak mencapai 88,18% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dalam pengenalan hadits dapat meningkatkan upaya guru dan pengenalan hadits pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge > 001.1 Kehidupan Intelektual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Yuni Desti
Date Deposited: 04 Sep 2020 02:43
Last Modified: 04 Sep 2020 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item
View Item