Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Tematik Jenjang MI/SD Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman Di Negeriku” Subtema 1 “Keragaman Suku Bangsa dan Agama Di Negeriku”

Badratun Nafis, 160209100 (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Tematik Jenjang MI/SD Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman Di Negeriku” Subtema 1 “Keragaman Suku Bangsa dan Agama Di Negeriku”. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan   Bahan   Ajar   Berbasis   Tematik   Jenjang MI/SD  Kelas  IV  Tema  7     “Indahnya  Keragaman  Di  Negeriku” Subtema  1]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Tematik Jenjang MI/SD Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman Di Negeriku” Subtema 1)
Badratun Nafis, 160209100, FTK, PGMI, 083196708043.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran yang berisikan meteri pembelajaran, metode, dan cara mengevaluasi yang di desain secara menarik untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pengembangan bahan ajar tematik pada tema 7 subtema 1 bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kualitas dari bahan ajar berbasis tematik jenjang MI/SD kelas IV sebagai pelaksanaan kurikulum 2013 dan untuk mengenal kebudayaan lokal yang ada di Aceh agar peserta didik lebih bangga dengan budaya tempat tinggal masing-masing (Aceh). Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Desain produk (buku) yang berjudul pengembangan bahan ajar berbasis tematik jenjang MI/SD kelas IV tema 7 “indahnya keberagaman di negeriku” subtema 1 “keagaman suku bangsa dan agama di negeriku” pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan menggunakan 3 tahapan dari 5 tahapan model ADDIE yaitu : tahap analisa (analysis), tahapan perencanaan (design) dan tahapan pengembangan (development). Uji kelayakan bahan ajar berbasis tematik pada tema 7 subtema 1 dan pembelajaran 1 ini dilakukan dengan menggunakan uji validasi menggunakan lembar validasi oleh ahli materi dan ahli evaluasi. Dari kedua uji validasi tersebut mendapatkan hasil point nomor 3 yaitu (layak digunakan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Badratun Nafis
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:16
Last Modified: 04 Sep 2020 08:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

View Item
View Item