Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VII SMP

Desi Yuzanti, 150205061 (2020) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VII SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VII SMP]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VII SMP)
Desi Yuzanti, 150205061, FTK, PMA, 085260627654.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis sangat diperlukan oleh siswa sebab kemampuan komunikasi matematis dapat membantu siswa merefleksikan dan menjelaskan pemikirannya. Kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII B SMPN 1 Susoh masih kurang. Sehingga diperlukan sebuah pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, dipilih pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII yang dibelajarkan dengan pendekatan CTL pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek dalam penelitian adalah enam siswa kelas VII B SMPN 1 Susoh yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi siswa (tinggi, sedang dan rendah), pertimbangan guru dan kemauan siswa yang bisa berkomunikasi dan terlibat dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui soal tes kemampuan komunikasi matematis, RPP, LKPD, pedoman wawancara dan alat perekam. Selanjutnya analisis data dengan reduksi data, penyajian data, melakukan triangulasi sumber data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek berkemampuan komunikasi matematis tinggi mampu mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanya, mengemukakan gambar dalam ide matematika dan menyajikan ide dalam model matematika dengan benar dan lengkap. (2) subjek berkemampuan komunikasi matematis sedang mampu mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanya, mengemukakan gambar dalam ide matematika dan menyajikan ide dalam model matematika dengan benar tetapi tidak lengkap. (3) subjek berkemampuan komunikasi rendah mampu mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanya, mengemukakan gambar dalam ide matematika dan mampu menyajikan ide dalam model matematika dengan kurang benar dan kurang lengkap. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis menunjukkan perubahan terhadap pembelajaran dengan pendekatan CTL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H.Nuralam, M.Pd Pembimbing II : Darwani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Desi Yuzanti Desi
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:57
Last Modified: 08 Sep 2020 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13688

Actions (login required)

View Item
View Item