Meningkatkan Kemampuan Berpikir Intuitif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal UN melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbasis Metode Drill\

Nurul Magfirah, 160205043 (2020) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Intuitif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal UN melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbasis Metode Drill\. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of 160205043]
Preview
Text (160205043)
Nurul Magfirah, 160205043, FTK, PMA, 082240910638.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Ketercapaian tujuan pembelajaran atau kurikulum pendidikan yang dilihat melalui evaluasi ujian nasional menunjukkan bahwa matematika berada pada peringkat rendah, hal ini merupakan pengaruh dari proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Pada pembelajaran matematika guru diharapkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir intuitif siswa. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses menigkatkan kemampuan berpikir intuitif siswa SMP dalam menyelesaikan soal UN konten bilangan?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan berpikir intuitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus sebanyak 2 pertemuan yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas IX-1 SMP Negeri 10 Takengon. Objek penelitian ini adalah seluruh proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis metode Drill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis metode Drill terjadi peningkatan kemampuan berpikir intuitif siswa. Hal ini terlihat setelah diberikan tes akhir siklus I dan siklus II, peningkatan kemampuan berpikir intuitif terlihat berdasarkan tiga indikator, yaitu indikator katalisasi meningkat dari 50% menjadi 88,46%, indikator deduksi meningkat dari 69,23% menjadi 84,62% dan indikator generalisasi meningkat dari 53,85% menjadi 63,39%. Hasil uji N Gain terhadap nilai pre test dan post test siswa menunjukkan kemampuan siswa berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika megguakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis metode Drill dapat meningkatkan kemampuan berpikir intuitif siswa SMP dalam menyelesaikan soal UN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd Pembimbing II : Khusnul Safrina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Intuitif, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Metode Drill, Soal UN SMP
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Magfirah
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:26
Last Modified: 07 Sep 2020 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13705

Actions (login required)

View Item
View Item