Efektivitas Metode RQV Pada Pendidikan Tahfidzul Qur’an di Rumah Qur’an Violet Indonesia ASQN 012 Batoh Banda Aceh

Fanisa Frianda, 160201021 (2020) Efektivitas Metode RQV Pada Pendidikan Tahfidzul Qur’an di Rumah Qur’an Violet Indonesia ASQN 012 Batoh Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Efektivitas Metode RQV Pada Pendidikan Tahfidzul Qur’an di Rumah Qur’an Violet Indonesia]
Preview
Text (Membahas Tentang Efektivitas Metode RQV Pada Pendidikan Tahfidzul Qur’an di Rumah Qur’an Violet Indonesia)
Fanisa Frianda, 160201021, FTK, PAI, 082273200275.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumah Qur’an Violet Indonesia merupakan salah satu lembaga pendidikan tahfidz berbasis yayasan waqaf yang menerapkan metode menghafal al-Qur’an, namun pelaksanaan metode berjalan efektif dikarenakan menggunakan metode rqv memudahkan santri dalam membaca menuju menghafal Al-Qur’an dengan cara benar, cepat, dan tepat yang membantu santri menghafal al-Qur’an. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan metode RQV pada Pendidikan Tahfidzul Qur’an? (2) Bagaimana tingkat keberhasilan dari metode RQV pada pendidikan tahfidzul qur’an? (3) Apa faktor pendukung dan kendala dalam metode RQV pada pendidikan tahfidzul qur’an? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang penulis dapatkan dilapangan, penerapan menghafal al-Quran melalui metode RQV menunjukkan peningkatan dalam jumlah hafalan santri. Pada metode RQV menggunakan metode khusus terhadap santri dalam menghafal, menggunakan metode talaqqi, berpasangan, dan mandiri dalam menyetorkan hafalan yaitu menyetor langsung kepada guru relawan Qur’an. Metode RQV juga berjalan efektif dilihat dari segi pelaksanaan program dan tingkat pencapaian target yang selalu bertambah. Namun terdapat kendala yaitu kurangnya waktu yang digunakan karena santri fullday yang diakibatkan oleh rasa capek malas dan jenuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode RQV, Pendidikan Tahfidzul Qur'an
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fanisa Frianda Fanisa
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:38
Last Modified: 07 Sep 2020 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13722

Actions (login required)

View Item
View Item