Proses Berpikir Intuitif Siswa Olimpiade SMP Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking (HOT) Matematika

Siti Nurfaiza, 160205067 (2020) Proses Berpikir Intuitif Siswa Olimpiade SMP Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking (HOT) Matematika. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Proses Berpikir Intuitif Siswa Olimpiade SMP Dalam  Menyelesaikan Soal High Order Thinking (HOT) Matematika]
Preview
Text (Proses Berpikir Intuitif Siswa Olimpiade SMP Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking (HOT) Matematika)
Siti Nurfaiza, 160205067, FTK, PMA, 082293604358.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Ajang kompetisi olimpiade biasanya memberikan soal-soal yang mengukur kemampuan tingkat tinggi (high order thinking). Untuk menjawab soal-soal tersebut siswa dituntut untuk memiliki skill, ide atau gagasan dalam berpikir. Karena itu, tidak semua siswa mampu menyelesaikan soal-soal HOT secara spontaneity. Maka diperlukan pendalaman dalam melihat proses berpikir siswa olimpiade yang dikaitkan dengan permasalahan proses berpikir intuitif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir intuitif siswa olimpiade SMP dalam menyelesaikan soal high order thinking (HOT) Matematika. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu lembar soal tes dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi waktu, tes kedua dilaksanakan seminggu setelah tes pertama dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa olimpiade memahami masalah yang diberikan secara langsung (directly), spontan dan segera (immediately) yang didukung oleh faktor feeling. Dalam merencanakan pemecahan masalah siswa olimpiade berintuisi menggunakan common sense, intrinsic certainty, dan extrapolativaness. Selanjutnya, siswa olimpiade melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan menggunakan intuisi extrapolativaness dan common sense. Kemudian siswa olimpiade memeriksa kembali pemecahan masalah matematika dengan intuisi globality dan coerciveness.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd Pembimbing II : Khusnul Safrina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Intuitif, high order thinking (HOT)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nurfaiza
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:49
Last Modified: 08 Sep 2020 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item
View Item